Fernando Corbato, Pencipta Sistem Password Komputer Meninggal Dunia

Tokoh penting dalam dunia komputer dikabarkan meninggal dunia. Fernando Corbato penemu sistem password di komputer pertama kali meninggal pada usia 93 tahun, tepatnya tanggal 12 Juli 2019 di Massachusetts, Amerika Serikat. Istrinya, Emily, mengatakan penyebabnya adalah komplikasi diabetes, ia menghembuskan nafas terakhir di sebuah panti jompo di Newburyport, Massachusetts. Demikian dikutip CreativeNews dari The New York Times, senin (15/7).

Pria kelahiran 1 juli 1926 ini adalah pencipta konsep password di komputer ketika ia masih menjadi seorang peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Sistem tersebut dibuat untuk memberikan keamanan digital dikomputer sehingga tidak dapat diakses dengan mudah oleh orang lain.

Corbato mengenyam pendidikan sarjana di University of California, Los Angeles pada 1943. Tujuh bulan belajar, ia langsung direkrut oleh Angkatan Laut AS untuk dilatih sebagai teknisi elektronik. Pada tahun 1990, Corbato mendapatkan A.M Turing Award, sebuah penghargaan di bidang teknologi komputer yang setara dengan Nobel Prize. Hingga masa masa terakhirnya, Fernando Corbato adalah seorang profesor emeritus di Massachusetts Institute of Technology.

(Nurfia K.K)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *