BlackBerry Messenger Dihentikan, Ada Pengganti?

BBM (Blackberry Messenger) merupakan sebuah aplikasi pesan instan yang dimiliki oleh PT Elang Mahkota Teknologi tbk (Emtek) yang sempat booming beberapa tahun silam dengan identitas pengguna melalui “Nomor PIN”. Setelah muncul dengan layanan eksklusif dalam ponsel Blackberry, layanan BBM meluncur sebagai aplikasi chatting lintas platform (Android, iOS, Windows Phone) sejak tahun 2013. Sayangnya, layanan aplikasi BBM ini akan dihentikan.

Pada hari Kamis (18/4/2019) pihak Blackberry Messenger mengkonfirmasi melalui Blog resmi BBM dan sosial media lainnya bahwa Blackberry akan menghentikan layanan chatting Blackberry Messenger pada 31 Mei mendatang. Pada halaman awal, para pengguna BlackBerry Messenger akan menemukan sebuah poster beserta postingan pesan perpisahan “Time To Say Good Bye” dengan stiker ikon BBM yang sedang melambaikan tangan.

Namun pihak Blackberry masih menyediakan BBMe sebagai pengganti BBM yang diluncurkan untuk pelanggan BBM yang loyal. BBMe dapat diunduh langsung melalui toko aplikasi Android Google Play Store, tak harus lewat korporasi. BlackBerry pun menggratiskan BBMe untuk pemakaian satu tahun pertama. Namun setelah itu, pengguna BBMe harus berlangganan sekitar 35.000 ribu/bulan.

Alasan ditutupnya aplikasi BlackBerry Messenger adalah susahnya mencari pengguna baru, dan banyak pengguna yang berpindah pada aplikasi lain yang lebih populer, seperti WhatsApp, Messenger, Line, WeChat, dan Kakaotalk.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *