PeKa UTM Aplikasi Inovasi Berbasis Virtual Reality

Bangkalan – Fitroh, mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura yang merupakan anggota UKM Creative Computer Club, mengembangkan aplikasi berbasis virtual reality sebagai media pengenalan kampus. Fitroh menciptakan aplikasi ini agar masyarakat dapat mengakses informasi tentang kampus Universitas Trunojoyo Madura.

“Karena masyarakat di luar sana masih banyak yang belum tau Universitas Trunojoyo Madura. Khususnya siswa yang mau mendaftar di UTM.” Ujar Fitroh (2/7).

Aplikasi yang diberi nama PeKa UTM ini menggunakan aplikasi Virtual Reality, pengguna akan merasakan seolah – olah sedang berada dalam kampus Universitas Trunojoyo Madura baik diluar maupun dalam ruangan. Aplikasi ini menggunakan minimum android versi 4.4 (kit-kat) yang memiliki fasilitas sensor Gyroscope, accelometer dan tentunya virtual reality gear serta joystick untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut. Anggota UKM Computer Creative Club tersebut dapat berhasil mengembangkan aplikasi dengan dipandu langsung oleh Medika Risnasari dan Muchamad Arif sebagai dosen pembimbing. Aplikasi tersebut merupakan produk yang disusun dan dihasilkan sebagai tugas akhir untuk meraih gelar sarjana (Strata 1) di Program Studi Pendidikan Informatika. Instrumen musik Madura pun juga terdapat di dalam aplikasi PeKa UTM sehingga membuat aplikasi ini semakin unik dan khas serta membumi.

Fitroh merupakan mahasiswa pertama yang berhasil mengembangkan aplikasi berbasis virtual reality sebagai media pengenalan kampus ini juga berpesan pada generasi selanjutnya agar memunculkan inovasi inovasi terbaru dalam bidang teknologi khususnya pada bidang virtual reality.

 

(Nurfia K.K)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *