Waspada Hewan Bluebottle Menepi di Pantai Selatan Pacitan

Pacitan – Ratusan hewan “bluebottle” atau dikenal sebagai “Portuguese Man Of War”, telah menepi di perairan selatan Pacitan. Wisatawan diimbau mewaspadai hewan bertentakel warna biru ini. Hewan ini memiliki kantung udara yang terdiri atas gas – gas Atmosfer, seperti Karbon Monoksida sekitar 14%, Argon, Nitrogen, Oksigen dan Karbon Dioksida dengan kadar rendah. Hewan ini menggunakan kantung udara untuk berpindah tempat dengan bantuan angin. Tentakel hewan ini dipenuhi racun yang digunakan untuk membunuh mangsanya yang kebanyakan adalah ikan – ikan kecil dan udang – udangan. Racun yang dikeluarkan oleh tentakel ini juga dapat menimbulkan luka yang serius pada manusia. Luka menyerupai luka bakar yang meninggalkan bekas kemerahan di kulit manusia. Hewan yang ditemukan mati di pinggir pantai juga masih bisa menyengatkan racun yang sama dengan hewan yang masih hidup. Bahkan tentakel yang terlepas dari badan hewan ini pun masih bisa menyengatkan racun.
“Saya belum pernah melihat hewan seperti ini. Warnanya biru dan menarik, tapi ternyata hewan ini beracun.” Ujar salah satu wisatawan.
Salah satu pengunjung, mengatakan hewan bluebottle tersebut ditemukan di sepanjang Pantai Taman di Pacitan, Selasa (4/6). Untuk mengantisipasi wisatawan tersengat, wisatawan diimbau untuk berhati – hati dan tidak menyentuh hewan berwarna biru transparan itu.

Nurfia K.K

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *